Kamis, 09 Januari 2014

Obyek Throne-Zytkow

Alam semesta kita sangat luas, sehingga segala skenario juga sangat mungkin terjadi.

Pada tahun 1975, Kip Throne and Anna Zytkow membuat skenario yang memprediksikan bahwa ada sebuah bintang raksasa merah yang sekarat menelan sebuah bintang neutron yang mengorbitnya. Hasilnya akan menjadi sebuah bintang dengan bintang lain yang lebih kecil tertanam dalam intinya dan akan menjadi jenis baru dari bintang serta akan memancarkan karakteristik kimia yang berbeda dan unik.



Jika massa gabungan mereka melebihi batas Oppenheimer-Volkoff maka keduanya akan runtuh menjadi lubang hitam, menghasilkan supernova yang melontarkan lapisan luar bintang.

Sejak saat itu, banyak ilmuwan ruang angkasa telah menjelajahi langit mencari kandidat objek yang diberinama Obyek Throne-Zytkow ini namun sejauh ini tidak ada yang telah dikonfirmasi.

Namun pada pertemuan American Astronomical Society tahun ini, Emily Levesque melaporkan bahwa ia dan rekan-rekannya di University of Colorado telah menemukan sebuah bintang yang mungkin saja memenuhi syarat sebagai objek Thorne-Zytkow.

Levesque dan timnya telah mengkonfirmasi bahwa obyek yang ditemukan di awan magelan kecil itu memancarkan molybdenum, lithium dan elemen rubidium - semua sesuai dengan yang diprediksi oleh Kip Throne dan Anna Zytkow.



Sumber : Alam Mengembang Jadi Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar